Kopi Arabika Flores Bajawa.

Karakter kopi flores bajawa yang khas adalah perpaduan aroma nutty dan tembakaunya. Body-nya tebal dengan acidity yang seimbang menciptakan kenikmatan tersendiri. Keunikan cita rasa ini juga dipengaruhi oleh cara budidaya yang organik dan ditanam di tanah yang mengandung abu gunung berapi.
Pulau Flores berada di provinsi Nusa Tenggara Timur dan termasuk dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil bersama Bali dan Nusa Tenggara Barat. Namanya berasal dari bahasa Portugis, cabo de flores yang berarti bunga.
Selayaknya bunga, keindahan Pulau Flores memang tidak bisa ditawar lagi. Pulau ini memiliki segudang kekayaan alam yang tidak hanya bisa memanjakan mata, tapi juga membuat takjub akan kebesaran Tuhan. Selain itu, Flores juga terkenal dengan kopinya yang khas dan menjadi primadona dunia.
Pulau indah ini mengandung tanah dari abu gunung berapi (andosol) yang sangat ideal untuk ditanami kopi organik. Ini pula yang menjadi ciri khas kopi-kopi di daerah ini, pembudidayaannya dilakukan menggunakan pupuk alami dan tanpa pestisida. Cara organik yang demikian membuat cita rasa kopinya unik dan mengandung aroma-aroma yang alami.
Setidaknya ada dua nama yang dikenal sebagai penghasil kopi flores terbaik, yaitu Bajawa dan Manggarai. Namun, artikel ini hanya membahas seputar karakter kopi flores bajawa. Pembahasan karakter kopi flores manggarai mungkin bisa diulas pada kesempatan berikutnya.
Bajawa adalah sebuah kota di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Daerah ini terkenal dengan perkebunan kopinya yang mendunia. Jenis kopi yang ditanam di perkebunan tersebut adalah arabika.
Karakter kopi flores bajawa ini tidak sama dengan kopi-kopi nusantara lainnya. Keunikannya adalah terdapat aroma nutty atau kacang-kacangan serta semerbak tembakau pada aftertaste-nya.
Body-nya tebal sehingga teksturnya cenderung kental, sedangkan tingkat keasamaan atau acidity-nya sedang. Tidak begitu mengganggu bagi orang yang punya masalah pada lambung.

Info Pembelian : WA : 08127393253

Komentar

Postingan Populer