kopi robusta lampung

Demikian adanya kopi robusta Lampung mempunyai kekhasan cita rasa yang tersendiri dari kopi tipe serupa dari daerah lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan hanya beberapa kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditi andalan Provinsi Lampung itu semestinya juga dilestarikan sebagai salah satu warisan kultur Indonesia,” kata Pembantu Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Ia menyebutkan, kopi robusta Lampung segera dicanangkan menjadi salah satu warisan adat istiadat Indonesia.
Mengenal Rasa Kopi Robusta Lampung Berdasarkan salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung mempunyai ciri khas dan keunikan sekiranya dibandingi dengan kopi robusta asal daerah lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, melainkan apabila penggemar kopi pasti tahu kelebihan tersebut,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, sekiranya diberi tahu dengan pas, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih nikmat.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa melalui proses roasting atau panggang. Jika dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan sedap, ini yang biasanya membuat kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Kecuali itu, Ndharu menilai kopi robusta Lampung akan lebih enak jika diperkenalkan dalam wujud espresso atau kopi tubruk.

Komentar

Postingan Populer